September 25, 2021

Taman Kata

Merupakan sebuah website yang berisi tulisan informatif untuk anda

3 Jenis Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Dirumah Saja Bareng Anak

3 Jenis Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Dirumah Saja Bareng Anak

Sejak Corona masuk ke Indonesia, banyak anak – anak yang tidak dapat melihat lingkungan luar mereka dengan bebas. Pemandangan yang mereka lihat sehari – hari hanya tembok rumah saja. Bahkan bila ingin jalan – jalan keluar pun harus terus berada didalam mobil selalu. Hal ini terkadang membuat mereka malas bergerak dan lebih cenderung menghabiskan waktunya dengan duduk maupun diam melihat televisi. Padahal masa tumbuh kembang anak harus aktif bergerak. Sehingga kegiatan olahraga dirumah untuk anak perlu dilakukan sesekali.

Bisakah melakukan kegiatan olahraga bersama anak dirumah saja? Tentu bisa. Ada beragam olahraga dirumah untuk anak yang bisa dilakukan bersama anak hanya dengan dirumah saja. Bahkan kegiatan ini tidak mengharuskan anda untuk memiliki rumah besar dengan halaman luas. Kegiatan olahraga ini bisa dilakukan pada lahan minim sekalipun. Kuncinya terletak pada bagaimana anda mengajarkan kegiatan olahraga yang tepat pada anak dan juga ketelatenan.

Dalam usia tumbuh kembang anak, terutama selama golden years anak cenderung meniru kegiatan yang ada disekitarnya. Bila anda rajin melakukan aktivitas fisik, maka anak akan memiliki keinginan untuk melakukannya juga. Sebab itu, dalam melakukan olahraga dirumah untuk anak yang dilakukan bersama, anda bisa mencontohkan perilaku tersebut terlebih dahulu. Anda juga bisa melakukannya bersama anak dengan rutin sehingga anak juga terbiasa melakukannya.

Apa saja sih jenis olahraga dirumah untuk anak yang bisa dilakukan? Simak rekomendasinya berikut.

  1.     Lari

Kegiatan lari merupakan kegiatan yang paling mudah dan ekonomis yang bisa dilakukan bersama anak. Dalam melakukan kegiatan ini bersama anak, anda harus melakukan peregangan terlebih dahulu agar otot anak dan anda tidak kram saat melakukannya. Kegiatan olahraga ini bisa dikemas seperti permainan. Berikut beberapa contoh pengemasan kegiatan lari dirumah saja.

  •         Lari dari sisi rumah ke sisi lainnya seperti pos
  •         Bermain kejar kejaran
  •         Bermain hides and seeks.
  1.     Basket

Bermain bola merupakan salah satu kegiatan yang disukai anak. Bola sendiri bisa mendukung anak untuk terus bergerak. Salah satu permainan bola yang mampu mendukung kesehatan otot anak dan kemampuan motorik anak adalah basket. Kegiatan bermain basket sendiri bisa dilakukan dirumah dan pastikan dilakukan di area aman. Caranya adalah dengan meletakkan ring basket di suatu tempat yang rendah dan ajak anak untuk memasukkan bola ke dalamnya.

  1.     Senam

Salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan bersama anak dan menyehatkan anda juga adalah senam. Anda bisa menggunakan tutorial senam ringan dan mudah yang diperkenalkan kepada anak. Untuk mengajak anak melakukan kegiatan ini, anda harus konsisten dan mencontohkan yang baik. Perkenalkan gerakan yang mudah pada anak dan koreksi gerakan mereka bila salah agar tidak cedera otot. Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga untuk meminimalisir cedera.