January 21, 2022

Taman Kata

Merupakan sebuah website yang berisi tulisan informatif untuk anda

5 Ciri Pertumbuhan Anak Usia Prasekolah

5 Ciri Pertumbuhan Anak Usia Prasekolah  

Apakah Anda tahu kapan si kecil mulai mengalami tumbuh kembang? Sudah tahukah apa saja ciri pertumbuhan anak dan kira-kira umur berapakah anak mulai tumbuh?  Beberapa pertanyaan di atas sering sekali menjadi masalah yang banyak dipertanyakan mengenai tumbuh kembang si kecil. Perlu Anda ketahui bahwa Anak itu pasti akan mengalami beberapa ciri saat sudah mengalami masa pertumbuhan.

Melihat Ciri-Ciri Tumbuh Kembang Anak

Bagi Anda para orang tua yang masih bingung seperti apa, ciri-ciri dari tumbuh kembang si anak, maka bisa memperhatikan penjabaran berikut, di antaranya:

1.Perubahan Fisik 

Ciri-ciri tumbuh kembang anak yang pertama yang bisa Anda perhatikan adalah akan terlihat adanya perubahan fisik. Ciri ini akan sangat jelas sebab ukuran fisik akan bertambah. Bukan hanya itu saja, namun perubahan tinggi badan, berat badan, dan semuanya pun akan jelas terlihat berbeda. Beberapa ciri ini sebenarnya bisa diketahui dengan jelas, sehingga Anda sebagai orang tua harus bisa selalu memperhatikan mengenai pertumbuhan fisik si kecil.

2. Kemampuan Kognitif Berkembang

Ciri selanjutnya yang juga akan jelas terlihat pada diri mereka yaitu adanya perkembangan kemampuan kognitif yang sudah ada diri si kecil. Sebagai orangtua Anda sudah harus mengetahui jika ciri ini sebenarnya bisa dipengaruhi oleh bagaimana si kecil akan beradaptasi dengan lingkungannya.

Dengan cara seperti itu, maka setiap orang tua harus bisa memberikan lingkungan yang nyaman bagi si kecil karena itu bisa membantu tumbuh kembangnya menjadi jauh lebih baik.

3. Kemampuan Motorik Ikut Berkembang

Tahukah Anda, bahwa ternyata bukan hanya perkembangan kognitif saja yang bisa ditunjukkan si kecil, namun ciri dari tumbuh kembang anak selanjutnya yaitu adanya berkembangnya kemampuan motorik. Perkembangan yang juga menjadi ciri si anak ini pun bisa dibagi menjadi dua, yaitu motorik kasar dan motorik halus. Sebagai orangtua, maka sudah seharusnya Anda bisa membedakan keduanya.

Motorik kasar itu merupakan kemampuan yang terdiri dari keterampilan dalam menggerakan otot besar, sementara untuk motorik halus itu adalah kemampuan untuk menggerakan otot kecil.

4. Bahasa Mulai Berkembang

Ciri tumbuh kembang anak yang juga tidak boleh dilewatkan oleh setiap orang tua selanjutnya yaitu dengan menunjukkan perkembangan bahasa yang dilewati si kecil. Jadi sebenarnya bukan hanya perkembangan kognitif dan motorik, namun juga di masa tumbuh kembang anak, dia juga pasti akan mengalami perkembangan dalam hal berbicara dengan cara memakai bahasa ibu yang diajarkan.

5. Perkembangan Psikososial 

Bagi yang belum mengetahui, perkembangan psikososial ini merupakan sebuah kemampuan anak di mana mereka sudah mampu merespon lingkungannya dengan baik. Perkembangan yang satu ini adalah ciri pertumbuhan anak terakhir yang paling penting dan harus diketahui oleh semua orang tua karena Anda mempunyai peran penting bagi perkembangan psikososialnya.