September 25, 2021

Taman Kata

Merupakan sebuah website yang berisi tulisan informatif untuk anda

Cara Menyimpan Bumbu Ayam agar Tahan Lama

7 Cara Menyimpan Bumbu Ayam agar Tahan Lama

Ayam merupakan protein yang umumnya disukai semua anggota keluarga. Buat Anda yang tak ingin ribet bisa menyimpan bumbu ayam untuk dijadikan stok, sehingga bisa dimasak kapan saja. Berikut ini cara menyimpan bumbu agar bisa tahan lama dan Anda tidak kerepotan setiap kali akan memasak.

1. Gunakan Tempat Kering

Gunakan tempat yang kering untuk penyimpanan bumbu karena kalua tempatnya basah bisa berisiko cepat basi atau pun busuk. Penyimpanan di tempat kering ini biar lebih aman dimasukkan di dalam kotak yang tertutup tidak terkena udara.

2. Jauhkan dari Sinar Matahari

Bumbu rempah yang Anda miliki simpanlah di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung karena bisa menjadi kering. Selain itu bumbu juga akan berubah warna dan mengeluarkan bau tidak sedap. Terutama untuk bumbu berupa tomat dan cabai yang sangat sensitif dengan cahaya matahari.

3. Kedap Udara dan Gunakan Minyak

Buat Anda yang menyimpan bumbu ayam dalam bentuk halus yang sudah dicampur dengan semua bahannya bisa menggunakan wadah kedap udara. Tutup rapat agar tidak mudah terkontaminasi. Tambahkan 1 sampai 2 tetes minyak makan untuk menjaga kualitas bumbu agar tahan lama.

4. Kebersihan Bumbu

Bumbu bisa tahan lama disimpan dengan menjaga kebersihannya. Cuci bersih bumbu sebelum Anda menyimpannya, kemudian jemur atau keringkan air cuciannya sebelum penyimpanan. Jadi, bumbu disimpan memang dalam keadaan kering.

5. Jauhkan dari Kompor

Buat bumbu kering yang ingin disimpan jangan diletakkan dekat kompor karena bisa cepat kering atau membeku untuk bumbu yang bubuk. Hawa panas dari kompor ini yang bisa membuat bumbu menjadi rusak.

6. Simpan Utuh

Bumbu tak hanya berupa bumbu halus atau bumbu kering. Bumbu untuk membuat ayam juga membutuhkan berbagai jenis daun-daun sesuai jenis pengolahannya. Buat daun-daun simpanlah dalam bentuk utuh agar tidak layu dan masakan pun akan memiliki aroma yang harum.

Misalnya daun salam, daun jeruk, atau daun seledri. Penyimpanannya bisa di tempat terbuka yang kering. Jika sudah terpisah dari tangkainya simpanlah di dalam wadah yang kering dan masukkan ke dalam kulkas. Wadah yang digunakan adalah berpori-pori besar agar tidak membuat tumpukan udara.

7. Wadah Terpisah

Cara penyimpanan yang juga bisa dilakukan adalah menyimpan bumbu halus dengan wadah terpisah. Satu jenis bumbu diletakan di tempat atau botol masing-masing. Botol berbahan kaca lebih kedap udara dibandingkan botol plastik dan daya penyimpanannya pun lebih lama.

Berbagai jenis bumbu ayam yang ingin Anda buat bisa tambahkan Maggi untuk membuat masakan menjadi lebih enak. Bisa mengganti garam dengan bumbu ini agar tidak terlalu asin. Anda bisa membuat masakan apa saja menggunakan penyedap ini. Tinggal menggunakan takaran yang sesuai dengan selera.