September 25, 2021

Taman Kata

Merupakan sebuah website yang berisi tulisan informatif untuk anda

Berkenalan Dengan Dua Jenis Kopi Yang Digunakan Dalam Dunia Kopi Dunia

Berkenalan Dengan Dua Jenis Kopi Yang Digunakan Dalam Dunia Kopi Dunia

Apakah kamu suka mengonsumsi kopi? Jenis minuman yang cocok dikonsumsi di pagi hari sebagai booster semangat pagi sebelum memulai aktivitas. Terlebih bila habis begadang semalaman, tentunya kopi menjadi pilihan yang baik untuk menyelamatkan hari. Mengonsumsi kopi seperti Nescafe ala café, memang dilakukan oleh beberapa orang setiap harinya. Banyaknya masyarakat yang mengkonsumsi kopi membuat varian kopi menjadi lebih banyak dan beragam.

Kopi termasuk kedalam tanaman rerumputan yang tumbuh didaerah tropis. Tumbuhan bisa tumbuh di ketinggian 700 – 1600 mdpl dan termasuk tumbuhan berumur panjang. Kopi bisa hidup 100 tahun lamanya dan memiliki usia produktif menghasilkan buah pada usia 7 – 20 tahun lamanya. Butuh waktu setahun untuk menikmati panen pertama buah kopi. Namun, karena usianya yang masih muda maka tumbuhan kopi tidak menghasilkan kopi yang banyak dan digunakan produksi Nescafe ala café.

Kopi sendiri termasuk salah satu hasil perkebunan yang banyak dihasilkan di Indonesia. Bahkan negara Indonesia termasuk pemasok kopi dunia. Jenis kopi yang banyak ditumbuhkan di Indonesia adalah kopi robusta dan arabika. Kedua jenis kopi ini banyak digunakan didunia industri perkopian. Bahkan Nescafe ala café dalam pembuatannya sendiri menggunakan bubuk kopi dalam negeri.

KOPI ARABIKA

Kopi arabika memiliki nama lain coffea arabica. Jenis kopi ini pertama kali ditemukan di Ethiopia. Kopi arabika sendiri banyak ditemukan di perkebunan kopi dunia. Sebanyak 70% kopi di dunia didominasi oleh jenis kopi arabika. Tentunya banyak industri yang menggunakan jenis kopi ini karena mudah ditemukan dalam market. Sebab itu, Nescafe ala café juga menggunakan biji kopi ini dalam menghasilkan salah satu produknya.

Kopi arabika memiliki rasa masam pada saat dikonsumsi dan memiliki kekentalan yang cukup light. Kopi ini juga memiliki beberapa flavor yang dihasilkan dari jenis biji kopinya ketika diseduh. Beberapa flavor yang dirasakan ketika mengkonsumsi arabika adalah honey, lemon, fruity, bahkan chocolaty. Sebab itu, jenis kopi ini cukup banyak digemari.

KOPI ROBUSTA

Kopi robusta juga merupakan jenis kopi yang ditemukan di Indonesia. Kopi ini banyak tumbuh di Benua Afrika Barat dan Tengah serta beberapa negara Asia Tenggara. Robusta juga banyak ditemukan di Brazil dan menjadi sentra kopi dunia juga. Jenis kopi robusta hanya mendominasi 30% jenis kopi dunia. Kopi jenis ini cenderung memiliki rasa lebih pekat dan pahit. Kadar kafeinnya pun tinggi dibandingkan arabika yakni 2,2%.

Kopi robusta memiliki flavor yang rich dengan aroma yang strong. Kopi ini menjadi jenis kopi yang disukai oleh pecinta kopi karena lebih rich. Beragam jenis minuman cepat saji juga menggunakan kopi robusta sebagai jenis kopi yang dipilih. Beberapa daerah di Indonesia juga menjadi penghasil kopi robusta terbaik dan menyumbangkan kebutuhan kopi dunia. Salah satu daerah di Indonesia yang menghasilkan kopi robusta adalah Sumatera Selatan.