September 25, 2021

Taman Kata

Merupakan sebuah website yang berisi tulisan informatif untuk anda

Cara Bayar Pajak Motor Online

Cara Bayar Pajak Motor Online

Ingin bayar pajak motor? Kini bayar pajak motor online sudah dapat dilakukan melalui e-samsat melalui aplikasi tambahan. Jadi, kamu tidak perlu pergi ke kantor Samsat untuk membayar pajak.

Aplikasi yang digunakan untuk membayar pajak online adalah Samsat Online Nasional. Aplikasi tersebut dibuat oleh Tim Pembina Samsat Nasional sesuai aturan perundang-undangan yang fungsinya untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Sebagai warga negara yang baik, membayar pajak merupakan hal wajib yang perlu dilakukan oleh warga negara Indonesia. Terlebih kini caranya juga sangat mudah berkat adanya sistem online.

Dengan inovasi tersebut, masyarakat akan jauh lebih mudah untuk mengurus administrasi pembayaran pajak. Dengan adanya teknologi tersebut, pastinya layanan menjadi lebih mudah, cepat dan tidak ribet.

Cara Bayar Pajak Motor Online Melalui Aplikasi

Sebenarnya, aplikasi Samsat Online Nasional bukan hanya untuk membayar pajak motor saja. Pasalnya dapat juga digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran lainnya.

Misalnya pembayaran dan pengesahan tahunan Kendaraan Bermotor, PNBP Pengesahan STNK dan berbagai keperluan lain. Bagi yang ingin membayar pajak, silahkan ikuti cara berikut :

  1. Silahkan mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional di Play Store (sayangnya, aplikasi belum tersedia di iOS).
  2. Setelah pengunduhan aplikasi selesai, buka aplikasi dan masuk ke bagian Pendaftaran.
  3. Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa dokumen penting yang dibutuhkan untuk pembayaran pajak.
  4. Anda diminta untuk menginputkan data penting seperti NIK, nomor polisi yang tertera di STNK dan lima digit nomor rangka motor.
  5. Setelah itu, dilanjutkan dengan meminta kode bayar pajak.
  6. Nantinya akan muncul SKPP elektronik dan kode bayar yang dapat digunakan.
  7. Kode bayar akan muncul selama dua jam, lakukan pembayaran dalam kurun waktu tersebut.
  8. Proses pembayaran dapat dilakukan melalui bank-bank yang bekerjasama dengan Samolnas seperti Mandiri, BNI, BRI, BCA, CIMB Niaga dan Permata. Selain itu juga bisa melalui e-commerce seperti Bukalapak dan Tokopedia.
  9. Setelah transaksi pembayaran diselesaikan, kamu akan mendapat e-TBPKB serta e-Pengesahan STNK via email yang telah didaftarkan.
  10. Kedua dokumen tersebut hanya berlaku selama 30 hari sejak dikirimkan ke email Anda.
  11. Selanjutnya, Anda berhak mendapat TBPKB dan stiker Pengesahan STNK fisik yang dikirimkan ke alamat dalam waktu 7 hari.

Itu adalah metode pembayaran pajak motor online. Sangat mudah dan sederhana bukan? Jadi, tidak ada alasan untuk tidak membayar pajak kotor lagi.

Hal Penting Saat Membayar Pajak Motor Online

Selain informasi di atas, ada beberapa hal penting lain yang perlu diperhatikan. Berikut hal penting yang dimaksud :

  1. Data kendaraan motor yang ditampilkan sesuai dengan data NIK pemilik kendaraan yang diinput.
  2. Pembayaran pajak kendaraan bermotor hanya dapat dilakukan untuk perpanjangan STNK tahunan dan tidak ada keterlambatan lebih dari satu tahun.
  3. Pembayaran pajak bermotor dan SWDKLLJ melalui Samolnas dapat dilakukan tiga bulan sebelum jatuh tempo.

Demikian pembahasan mengenai cara bayar pajak online yang harus Anda pahami. Warga negara yang baik adalah yang taat bayar pajak. Jangan lupa ya.