September 25, 2021

Taman Kata

Merupakan sebuah website yang berisi tulisan informatif untuk anda

Cara mengatasi anak susah makan nasi

Cara mengatasi anak susah makan nasi

Dalam masa tumbuh kembang anak yang sehat dan cerdas, mereka membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Namun begitu, terkadang banyak di antaranya yang cukup memilih dalam makanan. Termasuk malas makan nasi ataupun sayuran.

Hal ini tentunya jangan dibiarkan karena takutnya bisa memberikan masalah bagi tubuh akibat kurangnya asupan yang di butuhkan. Untuk itu berikut beberapa cara mengatasi anak susah makan nasi yang bisa dipraktekan dalam keseharian, Yaitu :

  1. Dekorasi menu semenarik mungkin

Anak – anak cenderung mudah bosan. Ntah terkait rasa maupun tampilan. Untuk mensiasatinya bisa di lakukan dengan membentuk makanan menjadi semenarik mungkin. Bisa juga dengan mencoba membentuk nasi menjadi karakter kartun yang di sukai anak. Bentuk yang kreatif dan menarik biasanya mampu untuk membuat anak merasa tertarik.

  1. Tambahkan varian rasa

Nasi cenderung hambar. Menambahkan sedikit varian rasa bisa menjadi solusinya. Misalnya dengan menambahkan sedikit rasa gurih dari mentega, atau menganti air memasak naisi dengan kaldu ayam atau sapi. Bisa juga dengan memberikan taburan bawang goreng diatas nasi.

  1. Kombinasikan dengan menu kesukaan anak

Solusi lain yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah anak susah makan adalah dengan mengkombinasikannya dengan menu makanan yang di sukai anak. Namun hal ini tentu juga tak lepas dari pertimbangan bahwa makanan tersebut bukanlah makanan yang bisa memberikan dampak buruk bagi anak.

  1. Buat suasaan menyenangkan

Dunia anak – anak adalah dunia dimana kesenangan menjadi hal yang paling dasar. Untuk itu, agar anak mau makan, cobalah untuk membuat suasana makan yang menyenangkan. Sehingga anak bisa menikmati makanan dengan bahagia.

  1. Coba alihkan perhatiannya

Untuk anak anak yang memang cukup sulit makan, tips ini bisa dicoba. Misalnya saat ia sedang menonton kartun kesukaannya, atau sedang bermain dengan mainannya, sang ibu bisa sambil menyuapinya agar anak tidak merasa bosan dan tau – tau sudah menghabiskan menu makanannya.

Nah, jika Cara mengatasi anak susah makan nasi di atas sudah di lakukan, namun anak masih tetap menolak sementara kebutuhan karbohidrat anak tetap wajip di penuhi, maka ada baiknya jika sang ibu mulai memikirkan makanan pengantinya. Hal ini di tujukan agar kebutuhan karbohidrat tersebut terpenuhi dengan cara memberikan makanan berkarbohidrat tinggi dari sumber lainnya seperti :

  1. Roti

Sesekali anak bisa diperikan roti yang juga merupakan makanan berkarbohidrat. Bisa dengan membuatnya menjadi sandwich ataupun dengan menambahkan selai yang di sukai anak.

  1. Ubi

Selain Nasi, ubi adalah makan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan baik untuk di konsumsi oleh anak – anak.

  1. Talas

Mungkin tidak banyak yang tau, bahwa talas selain memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, talas juga merupakan makanan yang mudah di cerna.

  1. Kentang

Pada dasarnya, kentang memiliki kandungan variasi nutrisi dan serat dengan kalori yang lebih kecil jika di bandingkan dengan nasi. Karena itulah, kentang bisa dijadikan pilihan.

  1. Jagung

Sumber karbohidrat lain yang bisa di pilih adalah Jagung.