September 25, 2021

Taman Kata

Merupakan sebuah website yang berisi tulisan informatif untuk anda

Cara Menghitung Kalori Harian Orang Tua Sesuai Aktivitasnya

Cara Menghitung Kalori Harian Orang Tua Sesuai Aktivitasnya

Seiring bertambahnya usia, Anda tidak perlu mengonsumsi kalori sebanyak orang-orang muda sekarang ini. Biasanya hal ini disebabkan oleh menurunnya aktivitas orang tua dari waktu ke waktu seiring juga bertambahnya usia. Terdapat cara menghitung kalori harian berdasarkan usia sehingga bisa mengonsumsi makanan bergizi sesuai dengan aturannya.

Inilah sebabnya mengapa banyak dari orang tua umumnya fokus pada vitamin dan mineral tertentu, seperti kalsium dan vitamin D. Meskipun begitu, sangat penting untuk menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan setiap hari. Kalori yang kita bakar adalah sumber energi, dan tanpanya tentu tubuh akan kekurangan energi yang berdampak pada tubuh yang mudah lelah.

Kebutuhan Kalori Harian Lansia Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG)

Untuk memenuhi kebutuhan harian, Kemenkes RI memang telah menetapkah AKG (Angka Kecukupan Gizi) yang dianjurkan untuk masyarakat sesuai dengan umurnya dan juga jenis kelamin.

Wanita

  • 50-64 tahun : 1.800 kkal
  • 65-80 tahun : 1.550 kkal
  • > 80 tahun : 1.400 kkal

Pria

  • 50-64 tahun : 2.150 kkal
  • 65-80 tahun : 1.800 kkal
  • > 80 tahun : 1.600 kkal

Cara Menghitung Asupan Kalori Harian Berdasarkan BMR (Basal Metabolic Rate)

Jumlah kalori yang direkomendasikan oleh AKG memang sudah sangat jelas, tetapi Anda juga harus memahami dan mengetahui cara menghitung kalori harian Anda. Faktanya, statistik dari Menteri Kesehatan Indonesia dapat memengaruhi aktivitas fisik Anda. Dengan kata lain, semakin banyak Anda beraktivitas maka semakin banyak kalori yang Anda butuhkan.

Perhitungan ini bisa diketahui dengan BMR (Basal Metabolic Rate) yang membantu menentukan total kalori yang dibutuhkan tubuh agar tubuh dapat berfungsi dengan normal dan juga tetap sehat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Untuk perhitungannya yaitu:

Wanita

BMR = 655,1 + (9,563 x berat badan dalam satuan kg) + (1,85 x tinggi badan dalam satuan cm) – (4,676 x usia Anda)

Pria

BMR = 66,47 + (13,75 x berat badan dalam satuan kg) + (5,003 x tinggi badan dalam usia cm) – (6,775x usia Anda)

Hasil yang didapatkan bukanlah hasil akhir karena masih akan dikalikan dengan angka tertentu yang disesuaikan dengan aktivitas Anda.

Setelah menggunakan rumus di atas, berapa angka yang muncul? Perlu diketahui, berapa pun hasilnya, Anda tetap perlu mengalikannya dengan angka tertentu agar sesuai dengan aktivitas fisik Anda, seperti berikut ini!

  • Total kalori = Tidak aktif: BMR x 1,2
  • Total kalori = Olahraga ringan: BMR x 1,375
  • Total kalori = Olahraga sedang (3-5 hari per minggu)
  • Total kalori = Sangat aktif (olahraga 6-7 hari per minggu)
  • Total kalori = Ekstra aktif (pekerja fisik atau atlet)

Inilah cara menghitung kalori harian sesuai dengan aktivitas yang dijalankan. Untuk memenuhi kebutuhan kalori apabila kurang, bisa mengonsumsi susu Ensure 2x sehari. Ensure memiliki kandungan Triple Portein, 14 vitamin, 10 mineral, omega 3 dan omega 6, kalsium, serta kandungan serat tinggi.