June 26, 2022

Taman Kata

Merupakan sebuah website yang berisi tulisan informatif untuk anda

Makanan Prebiotik Terbaik untuk Pencernaan pada Bayi

Makanan Prebiotik Terbaik untuk Pencernaan pada Bayi

Makananan prebiotik merupakan makanan yang mangandung bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Prebiotik secara selektif merangsang pertumbuhan dan aktivitas lebih pada usus besar sehingga meningkatkan kesehatan bayi.

Makanan prebiotik berperan penting dalam menjaga keseimbangan bakteri baik yang juga berpengaruh pada kesehatan tubuh. Beberapa manfaat prebiotik terkait dengan proses modifikasi mikrobiota usus yang meningkatkan penyerapan mineral untuk melindungi dari kanker usus besar.

Apakah Makanan Prebiotik Aman untuk di Konsumsi pada Bayi?

Secara keseluruhan, makanan yang merupakan sumber probiotik merupakan produk yang aman dikonsumsi setiap orang. Namun, orang dengan masalah sistem kekebalan atau dengan kondisi kesehatan yang serius tidak dapat mengkonsumsi produk probiotik.

Beberapa Makanan Prebiotik yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan Bayi

Berikut ini merupakan beberapa makanan prebiotik yang dapat Kamu berikan kepada bayi untuk menjaga kesehatan pencernaan:

  • Gandum

Gandum merupakan biji bijian sehat yang mengandung manfaat prebiotik. Kandungan serat betaglukan dan pati resisten membantu kerja bakteri baik di dalam tubuh. Selain itu, keduanya juga berperan dalam menurunkan kolesterol jahat (low density lipoproteins), mengontrol gula darah, mengurangi risiko kanker dan memperlambat pencernaan untuk mengontrol nafsu makan.

  • Tempe

Makanan yang biasanya menjadi menu sehari-hari ini juga kaya akan probiotik. Berasal dari fermentasi kedelai, tempe mengandung vitamin B12 termasuk sebagai makanan vegetarian, tempe juga bisa disajikan dengan cara digoreng, dipanggang atau dimakan dengan salad.

  • Sauerkraut

Sauerkraut difermentasi dari kubis. Sauerkraut kaya akan probiotik yang dapat membantu mengurangi alergi serta dapat membantu pencernaan. Sauerkraut juga kaya akan vitamin B, A, E dan C.

  • Lentil

Lentil adalah sejenis kacang kacangan yang biasanya dijual kering. Lentil mengandung sumber bakteri yang baik. Lebih dari itu, lentil juga memberikan suplai protein yang melimpah dan menjaga pergerakan usus.

  • Biji rami

Kandungan serat biji rami akan menyerap lemak dari usus dan menjaga feses tetap encer. Biji ini juga kaya akan antioksidan yang dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Jenis jenis Kandungan Makanan Probiotik

Banyak bakteri dapat diklasifikasikan sebagai probiotik. Semua bakteri ini memiliki kegunaan yang berbeda, tetapi hampir semuanya termasuk dalam 2 kelompok yang sama:

  • Lactobacillus.

Bakteri dalam kelompok ini mungkin adalah bakteri yang paling umum ditemukan dalam produk probiotik. Bakteri ini adalah bakteri yang Kamu temukan dalam yogurt atau makanan fermentasi lainnya. Beberapa bakteri dalam kategori ini dapat mencegah diare dan membantu orang dengan intoleransi laktosa.

  • Bifidobakteri.

Bakteri dalam kelompok ini banyak ditemukan pada makanan olahan susu. Bakteri dalam kategori ini dapat meredakan gejala kondisi seperti irritable bowel syndrome (IBS) atau gangguan sistem pencernaan.

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bahas tentang makananan prebiotik terbaik untuk pencernaan pada bayi, semoga bisa menambah wawasan baru dan informasi berguna.