June 26, 2022

Taman Kata

Merupakan sebuah website yang berisi tulisan informatif untuk anda

Mengolah Limbah Jadi Berkah: Cara Memilah Sampah Rumahan yang Tepat

Mengolah Limbah Jadi Berkah: Cara Memilah Sampah Rumahan yang Tepat

Bisa dikatakan jika istilah mengolah limbah jadi berkah menjadi salah satu konsep yang cukup populer saat ini. Istilah tersebut muncul sebagai salah satu ajakan bagi masyarakat agar memiliki kepedulian yang lebih terkait sampah. Hal ini wajar karena sampah sudah menjadi masalah yang tak pernah selesai dalam waktu yang lama.

Tidak hanya itu, dengan konsep ini, masyarakat nantinya bisa memperoleh kesadaran bahwa sampah yang mereka miliki sebenarnya bisa diubah menjadi hal yang berguna bahkan menguntungkan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang bagaimana cara memilah sampah rumah tangga yang tepat agar nantinya sampah tersebut tetap bisa dimanfaatkan dan tidak menjadi sebab pencemaran lingkungan. Penasaran? Simak ulasannya!

  1. Memisahkan sampah organik dan anorganik

Cara pemisahan sampah pertama yang bisa dilakukan adalah memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya, yaitu organik dan anorganik. Sampah organik sendiri berasal dari sisa makanan yang dikonsumsi. Sementara sampah anorganik adalah jenis sampah lainnya seperti kardus, plastik dan lainnya.

Pemisahan ini menjadi dasar pengolahan sampah yang cukup penting. Dengan pemisahan ini, selain upaya pencegahan pencemaran, nantinya baik sampah organik dan anorganik bisa dimanfaatkan dengan lebih maksimal masing-masing.

  1. Mengolah sampah organik menjadi kompos

Jika sampah organik yang terkumpul cukup banyak, maka Anda bisa mengolahnya menjadi pupuk kompos. Ini adalah salah satu cara mengolah limbah jadi berkah yang sebenarnya cukup mudah dilakukan, bahkan bisa dilakukan di rumah.

Untuk membuat kompos yang berasal dari sampah organik, Anda bisa membuat lubang biopori di halaman rumah. Lubang ini berfungsi sebagai peresapan air hujan dan juga penampungan sampah organik. Anda hanya perlu memasukkan sampah organik ke dalam lubang tersebut dan menunggunya sekitar dua bulan sebelum memanen.

  1. Melakukan daur ulang untuk sampah anorganik

Pengolahan sampah anorganik bisa dilakukan dengan cara melakukan daur ulang. Jika Anda pernah melihat tentang pembuatan eco-brick dengan bahan dasar plastik bekas, maka itu adalah contoh pengolahan sampah anorganik yang bisa dilakukan.

Selain membuat eco-brick, sampah anorganik bisa dijadikan beragam benda lain yang memiliki nilai guna. Misalnya saja, Anda memanfaatkan botol bekas untuk vas bunga, ban bekas untuk membuat kursi dan lainnya. Dengan kreativitas yang dimiliki, Anda bahkan bisa mendapatkan keuntungan materi dari kegiatan daur ulang tersebut.

Beberapa hal di atas adalah apa yang bisa Anda lakukan terkait pemilahan sampah di rumah. Perlu diketahui bahwa saat ini juga sudah terdapat bank sampah di lingkungan masyarakat. Nah, Anda pun bisa menyetorkan sampah yang sudah dipilah ke bank sampah tersebut untuk dijual.

Demikian beberapa ulasan tentang upaya mengolah limbah jadi berkah yang bisa Anda lakukan. Tentu, diperlukan kemauan yang cukup besar agar konsep ini bisa berjalan dengan baik meskipun hanya di skala rumahan.