June 26, 2022

Taman Kata

Merupakan sebuah website yang berisi tulisan informatif untuk anda

Pengertian Laktosa Dalam Susu Formula dan Fungsinya

Pengertian Laktosa Dalam Susu Formula dan Fungsinya

Mengapa ada laktosa dalam susu? Apa pengertian laktosa dalam susu formula? Sebelum mengetahui manfaat laktosa, Anda tentunya wajib mengetahui terlebih dahulu apa itu laktosa. Laktosa adalah zat gula yang biasa ditemukan pada susu bayi. Gula ini adalah jenis disakarida atau yang terdiri menurut 2 molekul gula tidak sama yakni glukosa dan galaktosa.

Glukosa dan galaktosa adalah molekul gula alami yang kemudian membuat laktosa diklaim menjadi gula sehat. Laktosa mampu ditemukan pada pada susu termasuk ASI, susu sapi, dan produk olahan susu lainnya. Kandungan laktosa yang terdapat pada ASI dibarengi menggunakan adanya enzim laktase yang berfungsi menjadi pencernanya.

Maka menurut itu, bayi yang menerima asupan laktosa jarang mengalami intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa merupakan hal yang dikhawatirkan. Banyak Ibu yang menghindari susu yang menggunakan kandungan laktosa. Padahal belum terdapat peneliti yang menemukan hasil yang signifikan bila Ibu menghilangkan laktosa

Laktosa Adalah Sumber Karbohidrat Utama

Pengertian laktosa dalam susu formula adalah sebagai sumber karbohidrat primer yang ditemukan pada ASI. Karbohidrat diharapkan akan menjadi bahan bakar dan cadangan makanan untuk memenuhi tenaga tubuh. Asupan karbohidrat yang cukup adalah alasan anak berkembang optimal karena menyediakan kalori yang diharapkan cukup untuk mendorong pertumbuhan.

Si Kecil pun akan tumbuh sebagai anak yang bertenaga dan sehat. Bayi yang kekurangan karbohidrat akan mudah lelah, lesu, dan letih sebagai akibatnya malas beraktivitas. Ini yang nantinya akan mengganggu perkembangan otot karena si kecil yang jarang bergerak.

Kandungan Laktosa

Galaktosa adalah bahan penghasil laktosa dan penting untuk menjaga keseimbangan tubuh si Kecil karena berperan penting dalam proses kontrol pada tubuh. Tubuh anak membutuhkan galaktosa agar tubuh bisa membentuk sel-sel yang sempurna dan mengoptimalkan fungsi tubuh manusia. Hal ini tentu tidak heran lagi karena zat ini adalah penyusun dasar sel, dinding sel, dan matriks intraseluler.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh si Kecil akan sulit berfungsi dengan baik jika tidak ada galaktosa. Tubuh si Kecil nantinya akan sulit membedakan sel baik dan jahat atau sel apa yang wajib dilindungi oleh sistem antibodi.

Galaktosa juga telah terbukti mampu menghambat pertumbuhan tumor dan menghentikan penyebarannya, terutama ke organ hati. Molekul gula alami ini pun sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka dan mengurangi peradangan. Selain itu, menerima jumlah galaktosa yang cukup bisa membantu melindungi paparan dari radiasi sinar-X, mencegah radang sendi, mencegah lupus, dan mengurangi risiko katarak.

Setelah memahami pengertian laktosa dalam susu formula, kini Anda tentu harus mulai memenuhi kebutuhan laktosa anak. Bisa dengan pemberian Lactogrow yang bukan hanya memiliki kandungan laktosa namun juga kandungan omega 3, 6, vitamin, dan mineral yang lengkap untuk dukung tumbuh kembang anaknya.