September 25, 2021

Taman Kata

Merupakan sebuah website yang berisi tulisan informatif untuk anda

Suplemen Vitamin Bertebaran Selama Pandemi, Pastikan Anda Mengetahui Jenis Vitamin dan Kegunaannya

Suplemen Vitamin Bertebaran Selama Pandemi, Pastikan Anda Mengetahui Jenis Vitamin dan Kegunaannya

Pandemi Covid-19 memang masih belum reda. Bahkan bisa dibilang akhir-akhir ini mengalami peningkatan kasus. Untuk itu, kita perlu mengantisipasi agar diri kita tidak terjangkit oleh virus tersebut. Kesehatan adalah hal yang utama saat ini.

Sebagai langkah preventif, sudah rahasia umum bahwa caranya adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh. Salah satunya adalah dengan meminum suplemen vitamin. Namun, apakah Anda mengetahui macam-macam vitamin dan manfaat vitamin bagi tubuh?

Sebagai manusia yang memiliki akal sehat, tentu kita ingin raga kita juga sehat, bukan? Oleh karenanya perbanyaklah ilmu yang terkait dengan bidang kesehatan. Beruntung Anda dapat membacanya di halaman ini.

Klasifikasi Vitamin

Sebelum Anda mengetahui manfaat vitamin, Anda perlu mengetahui klasifikasi vitamin berdasarkan media pelarutnya. Simak penjelasan berikut ini:

  • Vitamin Larut dalam Lemak

Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Vitamin ini tidak langsung dikeluarkan oleh tubuh, melainkan melalui sistem limfatik usus halus. Kemudian akan disimpan dalam jaringan lemak dan hati

  • Vitamin Larut dalam Air

Yang termasuk vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B dan C. Berbeda dengan vitamin larut dalam lemak, vitamin ini bisa langsung dikeluarkan melalui urine jika jumlahnya berlebihan. Vitamin B dan C tidak disimpan oleh tubuh. Sehingga kita perlu untuk mengonsumsinya secara rutin.

Jenis Vitamin dan Kegunannya

Setelah memahami perbedaan dari klasifikasi tersebut. Marilah kita membahas masing- masing manfaat dari vitamin tersebut

  1. Vitamin A

Erat kaitannya dengan mata. Vitamin A merupakan vitamin terpenting bagi kesehatan mata. Jika Anda merupakan orang yang sering menatap layar hp atau komputer, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A secara rutin, seperti wortel, tomat, pepaya, dan masih banyak lagi.

  1. Vitamin B

Jenis-jenis vitamin B ada 8 yakni B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Semua jenis vitamin B tersebut memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Anda bisa mempelajari masing-masing vitamin itu lebih lanjut. Apabila kekurangan vitamin B ini akan rentan terkena penyakit beri-beri.

  1. Vitamin C

Anda dapat menemukan vitamin C ini di apotek, supermarket, dan toko dekat rumah Anda. Di masa pandemi seperti ini, vitamin C banyak diburu oleh masyarakat. Hal tersebut karena vitamin C berperan besar dalam menjaga imunitas tubuh. Sehingga, tubuh lebih kuat dalam melawan virus.

Selain itu, vitamin C juga berguna untuk penyembuhan luka (sariawan dan gusi berdarah), menjaga kesehatan kulit, dan memperbaiki sistem saraf.

  1. Vitamin D

Tulang Anda sangat membutuhkan vitamin D. Vitamin D ini berperan dalam penyerapan kalsium untuk kekuatan dan pertumbuhan tulang. Anak-anak dan lansia perlu mendapatkan asupan vitamin ini secara rutin agar tulang tifak mudah rapuh dan infeksi.

  1. Vitamin E

Vitamin E sangat penting bagi kesehatan  kulit. Jika Anda ingin kulit cerah dan kenyal, perbanyaklah makanan yang mengandung vitamin E. Bahkan produk-produk kecantikan, menggunakan viitamin E sebagai komposisi utamanya.

  1. Vitamik K

Jika Anda terluka dan darah Anda terus menetes, bisa jadi Anda kekurangan vitamin K. Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah.

Itulah kegunaan dari masing-masing jenis vitamin. Tetap penuhi jumlah asupan vitamin bagi tubuh Anda. Senantiasa makan makanan bergizi dan jangan lupa untuk berolahraga secara rutin. Tubuh sehat merupakan suatu nikmat yang luar bisa. Oleh karena itu, mari jaga kesehatan tubuh kita.